Selasa, 01 Februari 2011

Doa: Menyelamatkan orang sakit

Yohanes 5 : 15

" dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit dan Tuhan akan membangunkan dia...."
Perhatikan kata yg dipakai adalah: "menyelamatkan" bukan "menyembuhkan". Penyelamatan Allah termasuk didalamnya adalah penyembuhan, tetapi tidak selalu demikian. Tuhan tidak selalu mengijnkan penyembuhan. Namun jika kita menggunakan iman kita, maka Tuhan selalu menjanjikan penyelamatan, yang sebenarnya lebih penting dari kesembuhan.


Sir Harry Lauder seorang komedian terbesar didunia. Suatu hari datang kabar bahwa anaknya telah mati terbunuh.  Dengan sendirinya ia sangat terpukul dengan peristiwa tersebut. Setelah pikirannya tenang, ia memikirkan kejadian itu, dan ia berkata bahwa dalam keadaan seperti itu ada 3 jalan yg dapat ditempuh manusia:

  1. Ia dapat menyerah kepada keputusasaan, hidupnya kemudian diliputi kepahitan dan ia menjadi seorang yg selalu menggerutu.
  2. Ia dapat melupakan kesedihannya dengan minum minuman keras hingga mabuk atau dengan cara hidup yg jahat dan suka menentang orang lain.
  3. Ia dapat memalingkan dirinyak epada Allah.
Sir Harry mengambil jalan yg ketiga. Meskipun Tuhan tidak menyembuhkan dukacitanya dengan mengembalikan anaknya, namun kesedihannya menjadi alat yg membantu mendapatkan Tuhan, mengembangkan imannya lalu mendapatkan hidup yg lebih berarti. Kepedihan tetap ada tetapi ia memperoleh kekuatan untuk dapat menahan sakitnya. Ini sesungguhnya merupakan manifestasi karya Allah yg  lebih luhur dari sekedar kesembuhan.


Luther Burbank, waktu kecil ia setengah cacat sehingga hari-harinya dipenuhi oleh ketakutan bahwa hidupnya akan gagal total. Ia bekerja di sebuah pabrik yg penuh dengan debu dan panas di New England, tetapi ia terpaksa harus berhenti bekerja karena kesehatannya memburuk. Ia terpaksa harus bekerja di alam terbuka. Ia mendapatkan pekerjaan di ladang tumbuh-tumbuhan. Pada akhirnya ia menjadi penyelidik alam yg terbesar dijamannya. Burbank berkata, "Setiap benih dapat dijadikan bunga" dan ia membuktikan bagaimana ia dapat mencapainya. Ia  memang seorang beriman namun jika bukan karena penyakitnya, ia hanya akan menghabiskan sebagaian besar hidupnya di pabrik. Namun karena penyakitnya, Allah dapat mengubahnya menjadi orang besar yg berpengaruh.


A.J. Cronin adalah seorang dokter yg berhasil di London namun oleh karena menderita sakit, ia terpaksa meletakkan pekerjaannya lalu pindah ke desa. Pada awalnya ia merasa kecewa tetapi secara perlahan imannya terus bertumbuh. Kemudian ia menulis karya yg dikenang oleh dunia, dunia sekarang memilki buku seperti" The Citadel", The Keys of the Kingdom" dll.


Memang penyakit tah membawa merea pada keselamatn
Ada satu hal yg penting untuk diperhatikan. Penyakit dapat menyebabkan kepanikan, kekecewan dan keputusasaan. Sebaliknya penyakit dapat juga mendorong kita melihat hidup yg sesungguhnya, membawa kita kepada iman yang bermutu dan dedikasi kepada suatu tujuan yg lebih mulia. Dan jika melalui penyakit seseorang dapat dibawa kepada iman, maka iman itu pun dapat membawa keselamatan bagi orang tersebut.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar